Skip to main content
13 Dec, 2019

6 Tempat Wisata di Penang

Penang, yang dulunya dikenal sebagai Pulau Pinang, adalah salah satu tempat eksotis di Malaysia. Pada tahun 2008, kota ini termasuk dalam bagian UNESCO World Cultural Heritage Site. Selain karena memiliki bangunan bersejarah, Penang juga memiliki berbagai tempat wisata yang tidak kalah asyik untuk didatangi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Penang yang wajib kamu datangi:

 

Penang Hill

Penang Hill

Tempat ikonik Pulau Penang ini wajib didatangi saat wisata di Penang. Selain melihat pemandangan kota Penang dari ketinggian, kamu juga bisa melihat bangunan bersejarah dan minum kopi di Kopi Hutan, cafe di dalam Penang Hill. Untuk menuju puncak bukit, kamu bisa mendaki atau naik trem. Bila kamu mengunjungi Penang sekitar pertengahan Juli,  maka kamu bisa menikmati Penang Hill Festival.

 

Kek Lo Si Temple

Kek Lo Si Temple

Berada di dekat Penang Hill, Kek Lo Si Temple merupakan kuil Buddha terbesar di Malaysia. Tempat ini merupakan tempat khas wisata di Penang. Terdapat tiga bagian di Kek Lo Si Temple, yaitu bagian bawah, tengah, dan puncak. Pada bagian bawah berisi pintu masuk, tempat jual souvenir dan makanan, dan kolam kura-kura. Di bagian tengah terdapat taman, kuil, pagoda, dan Four Heavenly Kings Pavilion. Di puncak, terdapat taman dan kuil serta patung dewi Kwan Im raksasa.

 

Fort Cornwallis

Fort Cornwallis

Fort Cornwallis merupakan bangunan peninggalan British East India Company (EIC). Benteng ini diberi nama dari Marquis Charles Cornwallis, seorang gubernur kolonial Britania Raya. Benteng yang terbesar di Malaysia ini merupakan salah satu tempat wisata di Penang yang wajib dikunjungi. Tempat-tempat terkenal di dalamnya adalah patung Sir Captain Francis Light, meriam Sri Rambai, kapel, barak, dan penjara kecil. 

 

Tropical Spice Garden

Tropical Spice Garden

Destinasi wajib wisata di Penang selanjutnya merupakan salah satu taman bunga terbaik di Malaysia, Tropical Spice Garden. Di dalamnya terdapat tanaman rempah-rempah dan tanaman-tanaman eksotis lainnya dari seluruh belahan dunia. Dengan lingkungan menyerupai hutan, tempat ini cocok dijadikan wisata trekking. Tropical Spice Garden terdiri dari 3 area; Spice Trail yang dipenuhi oleh tanaman rempah, Ornamental Trail berisi beragam tanaman yang eksotis, dan Jungle Trail yang di dalamnya terdapat beragam pakis dan palem, dan berbagai jenis anggrek liar

 

Pinang Peranakan Mansion

Pinang Peranakan Mansion

Pinang Peranakan Mansion merupakan museum wisata terkenal di Penang. Museum ini didedikasikan untuk warisan peranakan di Penang. Termasuk bagian UNESCO World Heritage Site, museum ini berisi banyak artifak, koleksi barang antik, dan interior khas Peranakan. Peranakan adalah golongan keturunan Cina dari provinsi selatan yang bertempat tinggal di sekitar Asia Tenggara. 

 

Street Art

Street Art

Untuk penggemar foto, tempat ini cocok buat kamu! Tempat ini salah satu tempat wisata khas di Penang. Street Art adalah tembok-tembok berisi 378 karya lukisan yang dijadikan mural. Lokasinya berada di sekitar Jalan Penang, Jalan Muntri, Weld Quay, Lebuh Leith, Jalan Armenia, Jalan Ah Quee dan banyak lagi.

 

Itulah tempat wisata di Penang yang wajib dikunjungi. Sambil magang, ada baiknya pula untuk melihat sekeliling untuk mendapat pengalaman baru. Bright Internships ada untuk membantu kamu mendapat pengalaman baru. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.