Skip to main content
03 Aug, 2021

Hari Pertama Internship

Apa saja ya yang harus aku lakukan di hari pertama internship?

Hari pertama internship tentu bukanlah hal yang mudah. Memasuki sebuah dunia baru dan akan menerima pembelajaran yang lebih aplikatif tentu akan membuat kita memiliki perasaan campur aduk.  Haruskah aku diam saja karena malu atau berapi-api karena akan mempelajari hal baru? Berikut beberapa hal yang harus kamu perhatikan saat internship di hari pertama.

Bersemangat

Bekerja di hari pertama di sebuah perusahaan bukanlah hal yang mudah namun jangan tunjukkan bahwa kamu gugup. Tutupi kegugupanmu dengan rasa semangat pada hari pertama bekerja. Tanamkan dalam pikiranmu “Hari ini aku akan belajar hal baru!!” Lalu kamu akan merasa lebih nyaman saat bekerja

Datang lebih awal

Rasa semangat akan tampak ketika kamu bangun dan bersiap lebih awal. Hiruplah udara segar di pagi hari dan bersiaplah untuk memulai hari baru. Datanglah lebih awal agar kamu dapat melihat terlebih dahulu bagaimana suasana kantor. Ingat, untuk menggunakan pakaian yang layak sehingga rekan-rekan memiliki pandangan yang baik padamu.

Ubah ponsel menjadi mode diam

Ini menjadi hal yang sangat penting agar fokusmu tidak terganggu. Ingat kamu datang untuk bekerja dan belajar sehingga berusaha untuk menjadi profesional. Kamu dapat mengecek ponselmu ketika jam istirahat lalu jangan lupa untuk menonaktifkan suaranya kembali.

Segera berbaur

Berada di lingkungan baru tentu sangat sulit apabila kita tidak memiliki teman. Oleh karena itu, segeralah temui teman baru dengan cara bergabung saat jam makan siang atau istirahat. Kamu juga dapat bertanya dan belajar melalui komunikasi yang terbangun.

Tanya dan belajar

Malu bertanya sesat dijalan. Itulah kata pepatah. Saat hari pertama, janganlah malu untuk bertanya apabila kamu tidak mengetahui suatu hal. Ketika kamu mau bertanya artinya kamu membuka ruang untuk bertumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Temukan bagaimana budaya kerja di perusahaan tersebut

Poin yang terakhir ini menjadi salah satu poin yang sangat penting. Setiap perusahaan memiliki budaya dan atmosfer kerjanya masing-masing. Segera temukan bagaimana budaya kerja dalam perusahaan tempat kamu bekerja dan beradaptasilah.

Jadi bagaimana? Siap menerapkan poin-poin diatas untuk mendapatkan pengalaman hari pertama intern yang menyenangkan? Jika kamu memiliki pertanyaan, kamu dapat menghubungi kami melalui sosial media yang tersedia.