Skip to main content
04 Dec, 2018

Mahasiswa Wajib Ikuti 6 Kegiatan Ini!

Menjadi mahasiswa adalah satu hal yang sangat menyenangkan. Pada masa ini, kamu bisa berkembang untuk memusatkan seluruh kemampuan serta bakat yang kamu miliki di kampus. Kesempatan ini tentulah jangan sampai kamu sia-siakan. Ada banyak hal yang semestinya kamu lakukan ketika menjalani masa kuliah karena keaktifanmu di masa kuliah ternyata bisa mempengaruhi karir masa depanmu, loh!

Berikut adalah beberapa kegiatan yang mahasiswa wajib ikuti semasa kuliah:

Bangun Relasi Untuk Investasi Masa Depan

Istilah mahasiswa kupu-kupu, atau kuliah pulang-kuliah pulang, pastinya sudah tidak asing bagimu. Baik senior maupun dosen mungkin memberikanmu petuah yang sama: jangan Cuma jadi mahasiswa kupu-kupu.

Dalam dunia kerja sekarang ini, relasi berperan besar. Relasi disini tidak hanya terbatas dengan orang-orang sukses atau para expert Relasi ini berawal dari jaringan pertemanan yang terbangun di kampus. Mahasiswa wajib mulai bangun relasi karena hal ini bisa jadi adalah satu hal yang positif saat lulus nanti. Bisa jadi info tentang peluang karier atau berharap sukses lewat jalur wirausaha bisa didapatkan atau diwujudkan berkat adanya jaringan pertemanan.

Tekuni Hobimu

Masa kuliah bisa jadi sangat membosankan jika hanya diisi dengan kegiatan studi semata. Oleh karena itu, memiliki hobi untuk ditekuni bukan hal yang salah apalagi kalau hobi tersebut bisa menjadi nilai tambah. Ketekunan pada hobi sering kali menjadi jalan keluar bagi seseorang dalam menjalani rutinitas keseharian. Menemukan komunitas yang sama dan sehobi tentu akan semakin bermanfaat bagi pengembangan diri seseorang. Jika kamu menekuni hobimu, siapa tahu hobimu bisa membuka jalan untuk karir masa depanmu.

Ikuti Kompetisi

Mahasiswa wajib mengikuti kompetisi tidak berarti wajib menjadi juara karena menjadi juara itu tidak selalu jadi yang utama. Dengan mengikuti perlombaan—baik itu akademis maupun non-akademis—akan menjadi ajang aktualisasi dan pengembangan diri. Pendalaman ilmu dan kemampuan diri secara perlahan akan terasah dan berangsur tajam ketika mahasiswa melakukan kegiatan ini.

Aktif Organisasi

Semasa kuliah, mahasiswa wajib memiliki pengalaman organisasi atau kepanitiaan karena aktif di kegiatan atau organisasi kampus akan memberikan manfaat yang banyak. Selain dapat memperluas jaringan pertemananmu, ini akan memperkaya pengalamanmu dalam bekerja tim. Pengalaman ini berguna untuk melatih jiwa kepemimpinanmu — keahlian yang diperlukan saat kamu mencari kerja nanti.

Bergabung di komunitas luar kampus

Selain aktif di organisasi kampus, bergabunglah juga dengan komunitas di luar kampus yang sesuai dengan minatmu. Jika tertarik dengan bidang pendidikan, bergabunglah dengan komunitas yang bergerak di bidang pendidikan. Kalau kamu ingin bergabung dengan komunitas sesuai dengan hobimu pun juga oke. Tidak perlu ragu dan malu! Mereka pasti dengan senang hati menerimamu.

Ikut Magang

Materi perkuliahan yang kamu dapatkan di kelas hanya akan menjadi formalitas jika tidak kamu aplikasikan. Sebelum terlambat, cobalah untuk mulai mendapatkan pengalaman bekerja sejak masih berstatus mahasiswa. Jika kamu masih belum yakin ingin terjun di industry apa, cara terbaik adalah dengan mengikuti magang.  Dengan mengikuti magang, kamu jadi punya bayangan tentang dunia kerja yang akan kamu hadapi di masa depan.

Jika kamu sedang mencari kesempatan magang, jangan ragu untuk mengisi online aplikasi karena Bright Interships selalu terbuka untuk aplikasi magang. Tidak masalah jika kamu masih belum yakin ingin magang apa dan dimana. Kamu bisa langsung menghubungi kami untuk konsultasi magangmu.